Donnerstag, Juli 03, 2008

Ujian Paling Aneh Sedunia

Judul mata kuliahna Integrated Case Studies. Dosennya 2 orang, bobotnya 8 sks. Ceritana kami disuruh mbikin bisnis plan, lengkap dari market research sampe proforma laporan keuangan dan prognosis EVA (Economic Value Added) untuk 5 tahun ke depan. Seru kah? Jawabannya tidak sodara2.. it was a damn plain subject.

Sebelum ini, udah 3 kali gw terlibat bikin bisnis plan. Pertama di bangku kuliah ECU, kedua bisnis plan iseng buat bikin warnet di Jakarta, dan ketiga kompetisi bisnis plan di Nordrhein-Westfalen. Sebenerna gw ngarepin "something more" dari bisnis plan kami kali ini. Ya iya lah, kelas MBA gitu loh..

Faktanya, marketing dan production plan-nya parah banged. Diskusi cuma jadi ajang debat kusir, dan akhirna gw mutusin buat lebih fokus ke costing & finance-nyah. Buat urusan ini gw harus say thanks ama sobat gw Irma yang udah rela pusing2 meriksa hasil kerja gw, kekekkekke. Well, akhirna, singkat cerita, bisnis plan kami kelar.

Nah, Rabu kemarin itu ujiannya. Ujian paling aneh sedunia. Anehnya di mana, sodara2? Tanyakan saja pada rumput yang bergoyang, kekekkeke. Nggak ding, becanda.

Keanehan pertama, gw baru ngulang materi sejam.. alah.. ndak nyampe ding. Palingan 20 menit. Kenapa? Karena gw lebih fokus ke ujian SAP Senin depan. Nah, anehnya lagi, gw ndak ngerasa bisa2 amat, tapi gw gak panik sama sekali. Dan keanehan ketiga, ternyata soalna cukup menantang cenderung susah, sodara2...

Keanehan selanjutnya, setelah 5 menit gw bingung, tangan gw kek ada yang nggerakin deh. Dan pas gw nulis titik terakhir, eh.. waktunya abis. Gw bahkan ndak sempet meriksa jawaban gw, karena ya itu tadi, kekna yang njawab bukan gw deh.

Lho, lalu sapa yang njawab dungs Bad? Ya itu lah, makana gw bilang ini ujian paling aneh sedunia...

Abis ujian, anak2 nanya.. Bad2.. "Optimal Capital Structure" tuh apaan sih? Nah ya gw jelasin lah seinget gw apa yang tadi secara ajaib gw tulis.. dan ternyata mereka manggut2, sodara2. Walhasil, gw makin ndak ngerti deh apa yang sebenernya terjadi..

----------------------
Holy Sam,
Gengenbach, 03.07.2008; sambil nungguin subuh.

Keine Kommentare: