Samstag, Juli 12, 2008

Like a Golden Eagle


Photo: Copyright © 1999, Don Baccus (dhogaza@pacifier.com)

***
iTunes --> Nymphetamine - Cradle of Filth

Mendadak inget si Elang Emas. Makhluk langka ini di Inggris Raya tinggal kurang lebih 420 pasang. Tanya aja lah Om Wiki kalo ndak percaya.

Gara2nya menurut gw cukup sederhana: Elang Emas cuma punya 1 pasangan seumur hidup. Istilah kerennya "mate for life". Keren yak? Gw gak tau kenapa ni makhluk bisa setia banget ama pasangannya, tapi menurut film MacGyver yang pernah gw tonton (alah!), kalo salah 1 dari pasangan ini mati, pasangannya akan ikut mati beberapa hari/pekan kemudian gara2 gak kerasan hidup. Otomatis, seisi sarang bakal modiar dan situasi ini bikin populasi Elang Emas makin menciut. Merinding gak sih lo denger.. eh, bacanya?

Bener2 monogamis sejati. Padahal kan binatang ndak punya akal yak? Mereka cuma punya nafsu, bukan? Di satu sisi, gw salut sama pola nafsu ini binatang. Setia sehidup semati kan susah banget.. iya tak? Tapi di sisi lain, gw juga prihatin karena gara2 nafsu monogamis ini lah mereka makin sulit nerusin garis keturunan. Pilihan yang sulit?

***

Kita, manusia, dikaruniai rasio/akal untuk memilih dan membuat keputusan untuk sesuatu yang (menurut rasio kita) lebih baik. Masalahnya, kadang kita kepentok sama yang namanya paradox -sederhananya, titik di mana rasio kita mentok. Misalnya: paradoks air-berlian. Weks, apaan tuh Bad? Eum, simpelnya: kalo air lebih bernilai buat survival ketimbang berlian, kenapa harga berlian begitu mahal? Contoh nyata: cinta yang sederhana tentu amat berharga, tapi kenapa kita cenderung lebih suka sama cinta romansa penuh drama?

Misalnya lagi: Paradoks hedonisme. Heh, apa lagi tuh tuh? Eum, pernah mikir bakal ngerasa puas kalo bisa lulus kuliah? Teorinya, kalo elo bisa lulus, elo bakal seneng kan? Tunggu dulu.. ternyata abis kuliah elo pengen kerja, trus dapet duit, bukan? Abis itu, nyoba buat dapet duit lebih banyak lagi, lagi, dan lagi. Betul? Nah, even di titik ini, elo pasti belum puas. Hingga someday elo tiba pada pemahaman kalo yang elo dapetin itu cuma kepuasan dan bukannya kebahagiaan...

***

Eum, saat ini akal dan rasio gw belum mampu untuk memahami apa itu cinta dan bahagia. Terlalu banyak paradoks yang bikin rasio gw mentoks. Yang gw harap cuma satu: Tuhan ngasih gw kesempatan untuk berpasangan kek si Elang Emas. Satu, sederhana, dan berharga.

--------------------
Holy Sam,
Gengenbach, 12.07.2008; 00.53 CET

Keine Kommentare: