Dienstag, Juli 08, 2008

Man tasyabbaha maa bi qaumin fa huwa minhum..

Seorang sahabat ngingetin gw via YM sebuah hadits yang isinya sangat menarik. Makasih Sep yak.

Bunyi haditsnya: "man tasyabbaha maa bi qaumin fa huwa minhum". Hadits ini diriwayatkan oleh Imam Abu Dawud, bersanad hasan-sakhih (baik dan benar), dan seinget gw, hadits ini nongol di kitab Subul as-Salam karangan Imam as-San'ani. Arti hadits ini adalah: "barang siapa meniru/mengikuti suatu hal dari suatu kaum, maka ia termasuk dalam (golongan) kaum tersebut".

Nah, kenapa menarik sodara2? Karena gw inget hadits inilah yang bikin kiai2 tradisional di Indonesia ndak pernah pake celana. Pake celana kan niru2 orang Belanda.. jadi kalo pake celana itu dihukumi meniru-niru orang (kafir) Belanda, dan karenanya haram.

Terus, kalo ndak pake celana, mereka telanjang dungs, Bad? Ehueheheh, ya kagak lah.. mereka pake sarung. Nah, ajaibnya di sini, Rasululullah SAW kan ndak pake sarung, trus mereka niru2 siapa dungs?

Hihihihih, menarik kan?

Plainly speaking, hadits ini, kalo diikuti begitu saja tanpa pemahaman yang baik, akan menjerumuskan ummat ke dalam isolasi. Gak boleh pake celana, gak boleh pake kemeja, gak boleh pake dasi, gak boleh pake bahasa selain arab, gak boleh pake internet, wah.. ruwet eih. Coba, misalnya nih, ada jihad akbar. Gimana mo ngalahin musuh2 Allah yang bersenjatakan nuklir dan virus biologis (bio-weapon) kalo kita cuman pake pedang dan kuda..?!

***

Seinget gw, hadits ini turun gara2 ada seorang sahabat Nabi SAW yang lebih suka melihara kumisnya ketimbang jenggotnya. Nah, pada zaman Nabi SAW, orang Yahudi itu sukanya ya kek gini, melihara kumis dan motong jenggot. Berhubung waktu itu belum masuk masa damai.. maka keluarlah hadits ini dari mulut Nabi SAW yang mulia.

Hm2, mungkin aja gw salah. Tapi buat gw, tasyabbah (meniru2) itu ada 2 kategori. Kategori pertama: meniru sifat/akhlak jelek ummat lain. Kalo ini ya jelas applicable buat hadits di atas. Meniru sifat kaumnya Nabi Musa AS yang suka ngeyel, meniru sifat orang Yahudi yang suka memutar-balikkan kebenaran.. itu semuanya dilarang, sodara2.. haram.

Kategori kedua: meniru atribut/elemen/inovasi ummat lain. Nah, di kategori ini, kita perlu analisis tambahan apakah hadits di atas applicable ato ndak. Kenapa? Karena konteksnya beda, sodara2. Misalnya: menggunakan bahasa Inggris/Jerman. Menuntut ilmu itu hukumnya wajib kan? Nah, pada kasus ini, menggunakan basa Inggris ya halal eih.. gimana caranya nuntut ilmu (science) pake bahasa arab, coba?

Lagian, gw rasa meniru atribut/elemen ummat lain ndak ada kaitannya sama aqidah. Jadi, meniru kebaikan ummat lain tanpa menjadi cinta atau takluk terhadap ummat lain itu ya sah2 aja lah. Masa iya mo presentasi bisnis di Eropa pake basa arab dan jubah arab? Ya Jaka Sembung (baca: ndak nyambung) lah..

Kek gw misalnya, penampilannya doang yang sok metal & galak kok.. hatinya mah teteup.. Rinto Harahap! Hiagagagga.

Eum, btw, kenapa hadits di atas lebih sering diarahin ke hal2 yang negatif yak? Dikit2 haram, dikit2 salah.. masa iya syariat isinya haram dan salah doang?

Kenapa sih ndak diarahin ke hal2 yang positif aja? Kek misalnya: tiru deh tuh sahabat Annas bin Malik, beliau khatam al-Qur'an sebulan sekali.. tiru deh tuh Rasulullah SAW, beliau amat mencintai tetangganya dan selalu memaafkan musuh2 beliau.. tiru deh tuh Imam Syafi'i.. beliau ngimamin sholat shubuh tanpa mbaca qunut di masjid Imam Hambali karena beliau amat menghargai pendapat Imam Hambali soal qunut..

Iya tak? Ehuehehehhee.

Wallahu a'lam bisshowab.

-----------------------
Holy Sam,
Gengenbach, 08.07.2008; 17:50 CET

Keine Kommentare: