Montag, Juni 18, 2007

Mungkin Babeh bukan pahlawan, tapi saya bangga jadi anak Babeh

Ayah, Bapak, Papa, Papi, Abi, Babeh, Romo, Ebes, Father, der Vater, Vader.. apa saja sebutan yang kita beri, beliau adalah orang tua kandung kita. Kalo saya sih biasanya manggil Babeh. Nah, kalo ada perlunya baru deh manggilnya sopanan dikit: Bapak.

Well, Babeh saya ini orangnya cukup ajaib. Pertama, orangnya jarang ketawa. Saya yang lucu begini aja ndak pernah bikin Babeh ketawa, kok. Percaya deh. Nah, mau tahu apa yang bisa mbikin beliau ketawa? Srimulat. Ya, Srimulat, ketoprak humor made in Suraboya yang dulu pernah beken di jagat humor Indonesia. Beberapa tahun lalu beliau punya proyek untuk mbikin griya theater (itu lho, kalo orang Jawa bilang: home theater). Wah, canggih dah pokoknya. Tinggal sebut tata suara yang diinginkan: dts, Dolby Digital, Surround? Wah.. ayuk. Tinggal sebut yang mbikin itu tata suara: Harman-Kardon, JBL, Bose, Kenwood, wah.. hadirr, ada semua, eih. Saya sukanya ndengerin konser Dream Theater dan Metallica di sana. Mantabh. Nah, mau tahu apa yang Babeh saya suka putar di sana? Srimulat setiap Rabu malam di Indosiar, salah satu stasiun televisi swasta di Indonesia. Detik ini, ketika saya nulis ini, saya sedang berdoa, semoga Srimulat panjang umur dan tetap ditayangkan di Indosiar. Amin.

Kedua, Babeh saya tuh ndak pernah ngeluh. Aseli. Lha bayangin aja punya anak sebandel saya, tetep aja mbeliau ndak ngeluh. Kuliahnya mahal, ndak kelar2, sekarang jauh pulak, gak bisa berbakti, beliau ndak pernah ngeluh tuh. Haiyah, mantabh benar dah babeh sayah. Jadi inget dulu pas masuk kelas internasional saya pernah nanya beliau: “emang Bapak punya tabungan buat mberangkatin saya ke Australia, Pak?”, jawaban beliau ngena banget: “ya kalo tabungan sih ndak punya, ya bismilliah aja lah”. Bujugh.. b-u-j-u-g-h.. dahsyat ndak tuh jawaban? Buktinya, alhamdulillah saya bukan hanya berhasil menginjakkan kaki di Australia, tapi juga di Jerman, jantungnya Eropa, Bos, canggih ndak tuh babeh gue? Kekekekkkeke.

Ketiga, Babeh saya ndak pernah njanjiin sesuatu ke anak2nya. Yang beliau sering beri adalah cita2. Wah, jadi anaknya Babeh mah musti siap2 sengsara, eih. Duit? Hu.. cari ndiri. Yah, waktu dulu kuliah mah boleh lah saya jadi anak Kelas Internasional, gaya banget lah pokoknya. Tapi soal sangu mah, harus cukup sepuluh ribu perak per hari, dari semester pertama sampai semester 7. Pulsa henpon dan bensin suru beli ndiri. Wahh, njelimet eih pokoknya ngatur sangu kuliah di Grogol dulu. Untung saya masih bisa ngajar, jadi masi bisa ngerokok dan pacaran dengan tenang, kekekekekk.

Keempat, Babeh saya pengen anak2nya masuk sorga semua. Buktinya, anak2nya disekolahin agama semua. Lulus SD, saya dikirim ke Pesantren At-Tahdzib di pinggiran Jombang, Jawa Timur sana. Pas balik ke Jakarta buat kuliah, saya disuruh ikut ngaji di Masjid Al-Amjad, 10 menit sepedaan dari rumah. Pas pengen lulus S1, saya disuruh naek haji. Halah, mantabh lah pokoknya babeh saya.. moga2 kita besok ngumpul lagi di surga Pak yak. Amin.

Kelima, Babeh saya gak pernah sekolah tinggi. Maklum, kakek saya almarhum bukan orang yang berkecukupan. Kakek saya cuma nyekolahin Babeh saya sampe STM. Ijazah babeh itu ijazah STM jurusan Bangunan, dan nilainya aseli nge-pas banget. Hiakakakaka, sori Beh yak. Babeh salah masuk jurusan sih, pengusaha kok masuk STM Bangunan.. ya bisa lulus aja udah bagus, eih. Babeh tuh dulu mustinya masuk sekolah ekonomi aja Beh, biar punya pola pikir manajer juga, bukan hanya pola pikir pengusaha. Begitu, Beh.

Wah, pokoknya banyak banget lah keajaiban Babeh saya. Gak sanggup, eih, nyeritain keajaiban beliau satu per satu. Nanti saya jadi dilemma, jadi makin kangen ama Babeh, padahal Babeh ndak ngebolehin saya pulang sebelum lulus. Tuh, jadi dilemma, kan?


Yasudahlah, doakan anakmu ini tetap semangat dan setia di jalan-Nya, Beh yak. Saya doakan Babeh sehat mulu dan bisa ngeliat saya berhasil mencapai cita2 saya. Amin. Mungkin Babeh bukan pahlawan, tapi saya bangga jadi anak Babeh.

-------------------

Komentar iseng: Bad2, apaan, nih.. kok Blog elo jadi soal babe2an gini? Dah pengen kawin lo yak?

Balasan yang ndak kalah iseng: Hu.. bodo dipiara, kemaren pan hari Ayah sedunia, dodol!

------------------

Keine Kommentare: