Sonntag, Juni 22, 2008

Fatwa? Syariah? Jihad?

iTunes --> Gabrielle - Cradle of Filth

Gara2 pekan penuh ujian & pikiran, akhir pekan ini tepar gw.. tidur enak bener.. dari jam 3 abis subuh sampe jam 12 siang, kekekekke. Bangun2 di ping ama Bang Upik, sobat gw di Duisburg. Diskusi menarik, mungkin ada bagusnya gw share di sini aja yak.

--------------- awal kupi-pes dari arsip YM gw.
LCore!: bad
GW: hadirr
LCore!: bedanya fatwa sama syariah apa?
GW: syariah itu hukum
LCore!: kalo fatwa
GW: fatwa itu hukum yang dikasih ama ulama berdasarkan opininya
GW: jadinya fatwa ya bisa beda2
LCore!: seberapa kuat fatwa itu kita percaya kebenarannya
GW: terserah hati dan pikiran elo
GW: mo seberapa percaya elo ama ulama tsb
LCore!: oke
GW: fatwa itu opini, kok bang
GW: jadina ya wajar kalo simpang siur, ulama pan punya pegangan sendiri2
LCore!: dalam hal apa aja fatwa itu bisa ada
GW: hal2 yang ndak ada aturannya di hadits dan qur'an
GW: misalnya.. fatwa bunga bank..
LCore!: ach so, oke
LCore!: seberapa kuat hukum hadist
GW: tergantung derajat haditsnya..
GW: bisa kuat banget, bisa lemah banget
GW: makana ndak sembarangan orang bisa ngeluarin fatwa
LCore!: oke
GW: untuk njamin legitimasi, biasanya badan fatwa itu ya organisasai para ulama
GW: mui, misalna
LCore!: misal: masalah surga cuma buat orang islam ada gak dihadist?
GW: setau gw enggak
GW: yang ada cuman orang mukmin
LCore!: ada gak di quran?
GW: di qur'an bunyinya kurang lebih sama
LCore!: gw pikir soalnya bad, sikap menjadi umat yang fundamentalis itu kan dasarnya karena kita percaya pada sesuatu yang berlebih
LCore!: nah misalnya definisi Kafir sendiri aja beda2
GW: elo bener
GW: makana elo musti kritis
LCore!: gw sih emang orangnya kritis, puitis dan kadang2 juga fantastis
GW: =))
GW: asal jangan skeptis dan pesimis yak
GW: =))
LCore!: gw suka gak ngerti aja, kenapa harus sibuk teriak2 kafir, teriak2 bunuh orang beragama lain, dsb
GW: gw juga gak ngerti
LCore!: kalo semua itu tidak tercatat di al quran dan hadist
GW: dicatet kok, fik
LCore!: dicatet, tapi pengertiannya gak mudah kan menafsirkannya
GW: yeps, gw rasa mereka itu terlalu percaya ama opini pemiimpin mereka
LCore!: nah itu dia
LCore!: artinya yang mereka pake dasar sampe mereka fanatik berlebihan itu kan opini salah satu ulama aja kan?
GW: bener banget
LCore!: semakin banyak gw belajar agama, semakin sering gw senyum2 sendiri ngeliat perbuatan orang2 yang ultra fanatik
LCore!: ada yng teriak2 kalo surga itu cuma punya orang islam, ada yang teriak2 kalo kita harus bunuh non-muslim
LCore!: huahahahahahhaa
GW: =))
GW: surga itu punyana allah..
GW: nyawa juga yang punya allah..
GW: yang teriak2 pasti keliru
LCore!: nah makanya hebat banget kalo seorang ulama bisa teriak2, mana yang masuk surga mana yang masuk neraka, mana yang wajib dibunuh
LCore!: :))
LCore!: padahal gw sih ngerasa kalo kita mengerti ajaran agama kita dengan baik, agama kita itu lebih tau urusan cinta kasih daripada agama lain
GW: bener banget
LCore!: orang lain teriak cinta kasih nggak pake dasar kan, cuma ajaran pemimpin mereka aja, kita ada dasarnya kok
GW: yeps
GW: sebenernya orang yahudi, nasrani, n islam itu dasarnya sama kok
LCore!: pake pedang, sorban putih, buat apa tho mas
GW: dasarnya tauhid: percaya sama allah yang 1
GW: kekekkeke
GW: itu harus elo terjemahin sebagai bentuk frustasi, fik
GW: frustasi sama kelemahan sendiri
GW: karena gak kuat ngelawan hegemoni yahudi dan nasrani
LCore!: malah gw ngerasa, agama parmalim pun mereka percaya tuhan, dan kita umat muslim sama sekali gak punya wewenang sama sekali nge judge mereka harus masuk apa, surga, neraka, ?? kuasa Allah lah itu
GW: yeps, bener banget lo
LCore!: huahahaha, gw selalu pengen banget bad ikutan pengajian2, tapi masalah yang gw temui... umumnya mereka terlalu fanatik... itu bikin gw males
GW: salah pik
GW: justru kita itu punya kemampuan buat ngubah orang lain
LCore!: bad gw boker dulu yak
GW: yaaahhhh
GW: gak seru ah
GW: :))
-----------------------akhir kupi-pes.

Hm2, obrolan singkat ini bikin gw memandang horizon via jendela. Eum, maksudna ngelamun, sodara2.. kekekkeke.

***

iTunes --> Prophet of War - Dream Theater

Memang sampai kapanpun manusia akan ditakdirkan untuk selalu menumpahkan darah. Dari zaman Bapak Adam AS (kasus Qabil dan Habil) hingga zaman ini (Jalur Gaza, perang Irak, rezim Myanmar, dst). Tapi kenapa sih manusia sering bawa2 nama Allah di jalan yang jelas2 bukan jalan Allah? Perang di jalan Allah? Jalan yang mana dulu?

Dan gw jadi teringet 2 ayat al-Qur'an yang kebetulan banget gw lewatin tadi malem dan sempet bikin gw sesenggukan, yaitu ayat ke-10 dan ke-11 dari Surat ash-Shaff:

Terjemah Yusuf Ali:
(61:10) Hai orang-orang yang beriman, sukakah kamu Aku tunjukkan suatu perniagaan yang dapat menyelamatkan kamu dari azab yang pedih? [61:11](yaitu) kamu beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan berjihad di jalan Allah dengan harta dan jiwamu. Itulah yang lebih baik bagi kamu jika kamu mengetahuinya.

***

Jihad, per definisi, berarti berjuang (berikhtiar) dengan sungguh2. Padanan katanya antara lain strive, struggle (Inggris), streiben (Jerman), ngrekoso ing makaryo (Jawa). Berjihad di jalan Allah, tentunya, mesti berada di jalan Allah: beribadah, saling mencintai (mahabbah), mencintai Rasulullah (tawasshul), saling menasihati (tawasshaw), menuntut ilmu (ta'allam), dan seterusnya.

Berperang (taghazzaw) melawan ummat lain, meskipun pada kasus2 tertentu bisa disebut jihad (misalnya kasus Palestina, Irak) perlu analisis dan justifikasi tambahan. Kenapa? Karena pertama, berperang itu sebenernya bukan jalan Allah. Allah nyiptain kita bukan untuk saling memerangi, bukan? Kedua, masalah niat. Kalo niatnya salah (i.e: motif politik, ekonomi, dsb.), ya namanya bukan jihad atuh.. Dalam perang jihad beneran, pemenangnya mutlak Allah semata, bukan Jenderal A, B, C, dan seterusnya, dan bukan juga untuk ulama A, B, C, dan seterusnya. Tul gak?

***

Tiba2 gw teringat obrolan sama Ibunda gw kemaren sore: "ikhtiar itu ya harga yang harus kita bayar ke Allah, Nang." Lalu gw jawab: "ya ndak toh Bu, masa ya kita mau berdagang sama Allah? Ada harga ada barang, gitu?". Trus Ibunda gw njawab: "ya terus, kalo semua kita pasrahin ke Allah.. ya udah, ndak usah kerja, ndak usah belajar, ndak usah ikhtiar..". Lalu gw jawab: "ya ndak gitu juga sih Bu, maksud Syamsul itu, kita tuh wajib usaha sekeras kita dengan ikhlas.. soal hasilnya bagaimana ya terserah Allah sih". Dan di titik ini, somehow Ibunda gw setuju.

Mein Gott, cuman Elo penolong gw.. gw gak layak dan gak cukup pede untuk berdagang ama Elo.. gw bayar semua buat Elo.. jiwa gw, darah gw, otak gw, harta gw, keringat gw.. gw gak ngarepin apapun balasan lain selain pertolongan Elo, wahai Dzat yang Maha memberi pertolongan..

----------------------
Holy Sam,
Gengenbach, 22.06.2008

Keine Kommentare: